Fashion

Berikut Ini Tips Belanja Baju Muslim Yang Aman Di Shopping Online

Salah satu kelebihan dari belanja baju muslim pria adalah lebih praktis karena anda tidak perlu pergi ke toko, hanya tinggal pesan di rumah dengan menggunakan smartphone yang anda miliki. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara aman berbelanja secara online. Karena kalau tidak hati-hati, anda bisa tertipu dan rugi. Lalu bagaimana cara berbelanja online yang aman di shopping online? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 

1. Lakukan Riset Terhadap Situs Shopping Online

Dalam hal ini, periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Jika kurang meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google lalu masukkan nama situs shopping online tersebut. Carilah ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja di situs ini. Jika banyak para konsumen yang mengeluh dengan layanan shopping online tersebut, maka sebaiknya tinggalkan saja shopping online tersebut. Sebaiknya pilih situs shopping online yang mendapat apresiasi positif dari konsumennya, dan hindari situs shopping online yang mendapat bintang satu atau mendapat komplain dan kekecewaan dari konsumen di akun media sosialnya maupun situsnya. 

2. Cek Keamanan Situs Shopping Online

Dalam hal ini, untuk meilhat keamanan situs web tersebut, maka lihat tanda berupa gambar di bagian alaman situs di url browser anda. Sebelum anda memasukkan informasi pribadi, periksa terlebih dahulu tanda gembok tersebut apakah ada atau tidak. Dan pada saat anda diminta untuk memasukkan informasi nomor kredit, maka lihat alamat situs web tersebut apakah berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Jika anda melihat alamat menjadi https maka informasi pembayaran itu dienkripsi dan itu aman bagi anda dan itu berarti bahwa situs shopping online tersebut sudah menggunakan Sertifikat SSL. 

3. Gunakan Kartu Kredit

Perlu diketahui bahwa kartu kredit bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk belanja secara online, karena kartu kredit ini memiliki batas pengeluaran, sedangkan kartu debit akan secara langsung terkait dengan akun bank anda. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit dengan limit kredit yang rendah khusus untuk digunakan dalam belanja online anda.  Dan ada beberapa bank sekarang ini menawarkan kartu kredit ‘penggunaan satu kali’ atau ‘virtual’ kartu kredit yang dirancang khusus untuk aktivitas belanja online.

4. Gunakan Password Yang Kuat

Perlu anda ketahui bahwa setiap keamanan yang berhubungan dengan akun online, maka salah satu cara pengamanan dasar yang harus anda lakukan adalah dengan membuat password yang kuat. Karena password merupakan pertahanan keamanan terbaik yang anda miliki, namun jika password atau kata sandi anda tidak anda buat dengan tepat dan kuat, hacker bisa dengan mudah menebak password tersebut. Maka dari itu, untuk setiap akun belanja online yang anda miliki, pastikan anda selalu membuat password yang kuat, unik dan lakukan secara rutin untuk melakukan pergantian password.

5. Hati – Hati Jika Diminta Uang Muka(DP)

Dalam hal ini, ada beberapa situs shopping online yang meminta anda mengirimkan uang muka (DP) sebelum membeli barang. Jika demikian, maka senaiknya batalkan saja transaksinya. Karena hal bisa jadi adalah modus penipuan. Jika anda asal percaya, bisa-bisa anda menjadi korban penipuan. 

6. Simpan Bukti Transaksi Belanja Anda

Tips belanja online yang lebih aman terakhir adalah simpan bukti transaksi belanja anda, termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail yang telah dikirim antara anda dengan penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *