Kesehatan

7 Bahan Alami Ini Ampuh Dan Efektif Mengatasi Sakit Perut

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Saat mengalami gangguan di perut, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari digunakannya bahan bahan alami hingga obat generik. Kira kira mana yang lebih baik dan lebih ampuh untuk mengobati sakit perut, apakah menggunakan bahan alami atau obat generik? Memang sakit perut sangat umum terjadi sehingga setiap orang pasti pernah mengalaminya. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang sakit perut. Sebagian besar kasus sakit perut tidak serius dan gejalanya bisa cepat berlalu.

Tetapi jika kamu ingin menggunakan cara alami untuk mengatasi sakit perut, maka berikut dibawah ini 7 bahan alami yang ampuh dan efektif mengatasi sakit perut diantaranya yaitu :

  • Jahe

Jahe sejak dulu memang sudah dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai obat sakit perut alami, dan juga dapat mengatasi rasa mual. Banyak penelitian menunjukkan jika jahe dapat menjadi obat paling efektif dan ampuh untuk mengatasi sakit perut. Anti inflamasi alami dalam jahe tersedia dalam berbagai bentuk, dimana kesemuanya itu dapat membantu mengatasi sakit perut. Kamu bisa memanfaatkan jahe ini dengan cara mengunyahnya langsung sebagai suplemen, atau jika tidak mampu bisa dalam bentuk minuman. Cobalah membuat rebusan jahe segar lalu menambahkan sedikit gula merah kedalamnya sebagai minuman.

  • Teh Chamomile

Dengan meminum secangkir teh chamomile juga ternyata dapat membantu meringankan rasa sakit, karena bahan alami ini berkhasiat sebagai anti inflamasi. Sifat anti inflamasi tersebut dapat membantu merilekskan otot perut, sehingga akan berkurangnya rasa sakit kram dan kejang.

  • Cuka Sari Apel

Untuk menetralkan sakit perut juga bisa dengan meminum satu sendok makan cuka sari apel. Tetapi jika tidak kuat meminumnya secara langsung, bisa dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air serta satu sendok teh madu, lalu teguk secara perlahan. Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat membantu mengurangi pencernaan pati, sehingga bisa memungkinkan pati untuk sampai ke usus dan menjaga tetap sehatnya bakteri di usus.

  • Wortel

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari bahan alami wortel ini, kamu hanya perlu mencampurkan secangkir jus wortel segar dengan daun mint sebanyak 3 atau 4 lembar. Kemudian semua bahan tersebut diaduk hingga merata, dan sekarang kamu tinggal meminumnya setelah makan untuk mengatasi perut yang sakit dan tidak nyaman.

  • Daun Mint

Daun mint juga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi sakit perut karena kemampuannya yang dapat menetralkan keasaman pada perut. Daun mint ini dapat memberikan efek dingin yang dapat menenangkan perut sehingga dapat segera meredakan sakit perut.

  • Kayu Manis

Kayu manis mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu meringankan pencernaan serta mengurangi risiko iritasi dan mencegah terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan. Kayu manis juga mengandung zat lain yang dapat membantu mengurangi gas, kembung, kram, dan bersendawa.

  • Cengkeh

Adanya kandungan zat didalam cengkeh yang dapat membantu mengurangi gas di lambung dan dapat meningkatkan sekresi lambung. Hal ini dapat membantu mempercepat pencernaan yang lambat, serta dapat membantu mengurangi tekanan dank ram. Bahan rempah sebagai obat untuk sakit perut ini juga dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah. Kamu bisa mencampurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh dengan 1 sendok teh madu satu kali sehari sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *