Kesehatan

Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dengan Menggunakan Kalkulator Kesuburan

Catat, Ini Berbagai Cara Efektif untuk Menunda Kehamilan (Non-c/Shutterstock)

Mengatur kehamilan bagi pasangan suami istri bisa dikatakan sebagai hal yang cukup penting. Baik itu dalam hal ingin menunda kehamilan atau bahkan sebaliknya ingin untuk mempercepat memiliki momongan. Meskipun hal ini bukan hal yang bisa sepenuhnya dikontrol, namun saat ini sudah banyak metode yang membantu untuk mendukung program perencanaan kehamilan tersebut. Salah satunya dengan jalan menggunakan kalkulator kesuburan yang bisa membantu suami istri melakukan perencanaan lebih akurat. Seperti apa manfaat dan penggunaan kalkulator ini, berikut beberapa informasi menarik mengenai hal tersebut.

  • Membantu Mengetahui Siklus Haid

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari kalkulator kesuburan yaitu informasi mengenai siklus menstruasi atau periode haid wanita di bulan berikutnya. Sehingga dapat membantu perencanaan kehamilan lebih efektif dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri. Tentunya dengan mengetahui periode haid maka juga bisa memberikan informasi apakah mengalami keterlambatan atau tidak. Sehingga dari sini dapat diperoleh informasi mengenai keberhasilan kehamilan dalam waktu tersebut.

  • Membantu Mengetahui Masa Subur

Kalkulator ini juga memberikan informasi yang cukup akurat tentang gambaran periode masa subur seorang wanita. Sehingga pada masa tersebut ditambah dengan asupan gizi yang memadai maka dapat membantu untuk meningkatkan probabilitas terjadinya kehamilan. Dengan mengikuti informasi masa subur hasil perhitungan maka informasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan hubungan suami istri untuk tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

  • Membantu Merencanakan Jenis Kelamin Anak

Bukan hanya sekedar memberikan informasi tentang rentang masa subur wanita. Biasanya dalam masa subur ada hormon yang dominan menghasilkan anak laki-laki dan ada hormon yang dominan menghasilkan anak perempuan. Dengan mengikuti informasi dan petunjuk masa subur beserta hormon terkait, maka pasangan suami istri bisa merencanakan apakah ingin memiliki anak laki-laki atau anak perempuan.

  • Melihat Resiko Gangguan Hormonal

Melalui perhitungan masa subur, dapat dilihat pula jika ada ketidak sesuaian hormonal yang terjadi dalam tubuh wanita. Misalnya jika sering kali terlambat haid tidak sesuai dengan prediksi. Atau siklus haid yang terlalu pendek dan mengalami pendarahan. Dari informasi yang diberikan dapat dilihat potensi gangguan hormonal yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan masa subur dari kalkulator kesuburan.

  • Mencegah Resiko Penyakit Reproduksi

Selain melihat gangguan hormonal yang mungkin terjadi, mengetahui masa subur juga bisa melihat adanya potensi dan resiko kemungkinan adanya penyakit reproduksi. Dari informasi yang diberikan secara sekilas maka dapat dilihat lebih lanjut apakah sistem reproduksi berjalan normal atau justru mengalami gangguan. Meskipun pemeriksaan lebih detail diperlukan untuk hasil yang lebih akurat, namun setidaknya gambaran awal dari informasi yang diberikan dapat digunakan. Sehingga selanjutnya dapat dilakukan pengobatan maupun penyelesaian penyakit yang sesuai.

Ternyata memang kalkulator kesuburan dapat membantu memberikan informasi yang optimal. Terutama saat ingin memiliki anak dalam waktu dekat. Berkat kalkulator tersebut tentu perhitungan masa subur dan masa haid dapat diketahui lebih awal. Sehingga bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri secara optimal. Jika mengalami kesusahan untuk menghitung sendiri masa subur istri, maka bisa saja mencoba fitur yang ditawarkan oleh Klikdokter.com. Bisa juga dengan membeli alat uji tes masa subur yang banyak tersedia di apotek atau toko obat terdekat. Yang terpenting dapatkan informasi akurat dengan detail untuk perencanaan kehamilan yang lebih matang dan terbaik hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *