Kuliner

Cara Membuat Cimol Yang Enak

10 Potret Gagal Cimol Hasil Masakan Netizen, Bentuknya Kocak

Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Memang cimol ini juga seperti cilok yang berasal dari Jawa Barat. Cimol ini sendiri memiliki rasa yang gurih layaknya cilok. Namun cimol ini sendiri sedikit berbeda bahan pembuatannya. Tetapi secara umum sama yaitu dibuat dari aci. Cimol ini sendiri biasanya terdapat di jajanan anak-anak sekolah. Saus atau bumbu teman makan cimol ini bervariasi. Nah, jika anda hanya tahu cimol ini digoreng, cimol juga ada yang basah lho! Berikut cara membuat cimol tersebut.

  • Cimol Biasa

Resep yang pertama ini adalah resep cimol biasa yang anda beli di tukang jualan. Cimol yang satu ini tidak rumit membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cimol ini adalah tepung tapioka 300 gram, kaldu jamur bubuk 1 sendok makan, garam 1 sendok teh, merica bubuk ½ sendok teh, bawang putih 2 siung dihaluskan, bubuk cabai, air mendidih sekitar 300 ml.

Cara membuatnya cimol ini adalah dengan mencampurkan tepung tapioka, merica, garam dan kaldu jamur secara merata sambil diaduk. Setelah itu air mendidih masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi. kemudian masukkan bawang putih yang sudah mendidih ke dalam adonan tepung kering tadi. Uleni perlahan dan masukkan dikit-dikit air bawangnya. Setelah itu bentuk bulat-bulat dan masukkan ke dalam minyak goreng namun jangan dimasak dahulu. Rendam saja dahulu. Setelah itu baru goreng cimolnya dan taburkan bubuk cabainya.

  • Cimol basah

Cimol bukan hanya bentuk gorengan seperti dijelaskan di atas. Cimol juga ada yang bentuknya basah dan teksturnya memang berminyak. Namun inilah yang membuatnya lezat. Bahan-bahan yang dibutuhkan membuat cimol basah ini adalah tepung terigu 50 gram atau 50 sendok makan, tepung kanji sekitar 200 gram, bawang putih 3 siung, merica ¼ sendok teh, garam ½ sendok the dan air 300 ml.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tepung kanji, kaldu bubuk ayam, garam dan juga tepung terigu jadi satu. Setelah itu rebus bawang putih hingga airnya mendidih dan kemudian masukkan pada tepungnya dan aduk lagi. Anda bisa mengaduk dengan centong sayur jika memang masih panas. Setelah itu tekan-tekan adonan dan buat jadi kalis. Kemudian bentuk bulat cimolnya dan goreng dengan minyak yang tidak begitu panas artinya apinya kecil saja. Setelah itu angkat cimolnya. Sekarang campurkan bubuk cabai halus, bubuk cabai kasar dan juga royco sapi ke dalam cimol basahnya.

  • Cimol Isi keju

Cimol memang enak sekali jika dimakan dengan isian yang enak juga. Anda bisa membuat cimol isi keju. Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat cimol isi keju ini adalah tepung tapioka 300 gram, tepung terigu 60 gram, micin, bawang putih 4 siung dan air 350 ml. Selanjunta siapkan keju cheddar yang sudah dipotong kecil-kecil.

Cara membuat cimol ini adalah dengan mengaduk tepung terigu, tepung tapioka dan garam. Tambahkan micin sesuai selera dengan dicicip apakah sudah asin. Setelah itu anda rebus bawang putihnya dan kemudian ambil airnya. Air rebusan bawang putih tadi masukka ke dalam campuran tepungnya. Anda uleni adonannya hingga benar-benar kalis. Setelah itu masukkan kejunya ke dalam adonan yang diambil sedikit dan bulatkan. Setelah itu anda siapkan minyak goreng dan goreng hingga kering. Taburkan bubuk cabai dan keju juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *