Informasi

Pilihan Karat Logam Mulia & Perhiasan Emas yang Bisa Digunakan untuk Investasi

main image

Sejarah logam mulia & perhiasan emas dimulai sejak 6.000 tahun sebelum masehi dengan referensi ke Mesir dan Mesopotamia. Pada zaman kuno, emas dianggap memiliki sifat penyembuhan ketika dipakai atau bahkan tertelan. 

Sejak penemuan Dunia Baru oleh Christopher Columbus pada tahun 1492 hingga 1600, lebih dari 8.000.000 ons emas, atau 35 persen produksi dunia berasal dari Amerika Selatan. Tambang di Kolombia berlanjut hingga abad ke-17 dan ke-18 untuk menghasilkan 61 dan 80 persen produksi dunia masing-masing. Pada abad ke-18, 48.000.000 ons ditambang. Inilah beberapa hal penting tentang logam mulia & perhiasan emas dan jenis-jenisnya. 

  1. Emas 24 Karat

Ini adalah emas dalam bentuknya yang paling murni. Logam ini terdiri dari 100% emas dengan hampir tidak ada logam paduan. Karena sangat lembut dan lentur, jenis ini tidak disarankan untuk digunakan pada perhiasan mewah. 

  1. Emas 18 Karat

Paduan ini terdiri dari 75% emas dan 25% logam paduan. Emas 18 karat bisa dikatakan mempunyaitingkat kemurnian yang stabil ditambah kekuatan mumpuni. Sebagai produk tak 100% murni, logam mulia & perhiasan emas ini bisa dibuat aneka jenis jewelry

  1. Emas 14 Karat

Perhiasan yang paling populer adalah emas 14 karat yang merupakan 58,3% emas murni. Persentase sisanya terdiri dari logam paduan. Salah satu sumber emas ini adalah dari Rusia. Rusia menjadi produsen emas utama dunia pada tahun 1823, dan selama 14 tahun menyumbang sebagian besar pasokan dunia. 

Dari tahun 1850 hingga 1875, lebih banyak emas diproduksi di dunia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sejak 1492, terutama karena penemuan di California dan Australia. Peningkatan produksi emas yang signifikan berasal dari penemuan di Alaska, Wilayah Yukon, dan Afrika Selatan. Hingga, aneka logam mulia & perhiasan emas pun bisa dibuat dengan jenis karat ini. 

  1. Emas 10 Karat

Emas 10 karat 41,7% emas. Emas 10 karat adalah tingkat kemurnian minimum yang masih bisa dianggap emas di Amerika Serikat. Beratnya paling sedikit jika dibandingkan dengan emas karat yang lebih tinggi. Meskipun demikian, masih banyak orang yang mengkoleksi logam mulia & perhiasan emas dari jenis ini. 

Isi Emas, juga disebut lapisan emas, mengacu pada lapisan setidaknya 10 karat emas yang telah diikat secara permanen oleh panas dan tekanan ke satu atau lebih permukaan logam pendukung, kemudian digulung atau ditarik ke tempat yang ditentukan.

Pada akhir abad ke-20, Afrika Selatan, Rusia, Amerika Serikat, dan Australia menyumbang dua pertiga dari emas yang diproduksi setiap tahun di seluruh dunia. Afrika Selatan sendiri menghasilkan sekitar sepertiga dari emas dunia.

Penetapan harga emas didasarkan pada sejumlah faktor, termasuk jumlah karat, berat gram, desain, dan pengerjaan. Karatase dan berat gram menunjukkan berapa banyak emas dalam satu keping, tetapi bukan satu-satunya faktor harga yang menentukan. 

Perhiasan emas diproduksi terutama dengan mesin. Setiap sentuhan tangan tambahan atau minat tekstur meningkatkan biaya. Bergantung pada ini, potongan yang tampak serupa mungkin memiliki label harga yang sangat berbeda. Potongan yang berbeda mungkin memiliki karakteristik khusus yang membuatnya unik, jadi perhatikan baik-baik perbedaan dan persamaannya.

Pengerjaan dan tingkat detail dalam sebuah karya juga diperhitungkan. Ingat, harga yang hanya didasarkan pada berat gram tidak mencerminkan karya yang telah dimasukkan ke dalam unit. Hal terpenting yang harus dicari dalam membeli logam mulia & perhiasan emas adalah kemurnian emas. Semakin tinggi kandungan emasnya, semakin berharga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *