Informasi

Sifat-sifat Wajib Allah yang Perlu Diketahui

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!

Sebagai muslim, tentunya banyak yang dapat kita pelajari dalam agama Islam. Seperti mempelajari tauladan dari kisah Nabi dan Rasul, hingga mengenal lebih dekat 20 sifat wajib yang dimiliki oleh Allah swt. Allah swt memiliki banyak sifat wajib, karena Allah swt merupakan Dzat Yang Maha Sempura. Berikut adalah sifat wajib Allah swt yang perlu anda ketahui.

  1. Wujud, berarti Allah swt merupakan dzat yang pasti ada, yang berdiri sendiri, serta tidak bergantung kepada siapa pun.
  2. Qidam, berarti terdahulu atau awal. Allah swt sudah ada lebih dulu jauh sebelum apa pun yang diciptakan-Nya.
  3. Baqa’, berarti kekal atau abadi. Allah swt adalah Maha Kekal, Dia tidak akan bisa punah atau mati.
  4. Mukholafatul Lilhawaditsi, berarti berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya. Allah swt merupakan Dzat Yang Maha Sempurna dan tak ada satu pun makhluk di dunia yang menyerupai Allah swt.
  5. Qiyamuhu Binafsihi, berarti berdiri sendiri. Allah swt tidak memerlukan bantuan dari siapa pun dan tidak bergantung kepada siapa pun.
  6. Wahdaniyah, berarti hanya ada satu di dunia ini. Oleh karena itu, Allah swt memiliki sifat wahdaniyah yaitu, tunggal atau esa. Allah swt bersifat tunggal karena Dia tak memiliki sekutu.
  7. Qudrat, berarti berkuasa. Allah swt merupakan pemilik dan pemegang kuasa terhadap segala sesuatu.
  8. Iradat, berarti berkehendak. Apabila Allah swt telah berkehendak atas sesuatu, maka tidak ada yang tak mungkin terjadi dan tak ada pula yang mampu mencegahnya.
  9. ‘Ilmu, berarti mengetahui atas segala sesuatu. Allah swt Maha Mengetahui segala sesuatu baik yang terlihat hingga tidak terlihat oleh mata manusia.
  10. Hayat, berarti Maha Hidup atau kekal. Allah swt adalah makhluk yang kekal abadi yang tidak pernah bisa mati.
  11. Sam’un, berarti Maha Mendengar. Allah swt merupakan Dzat Yang Maha Mendengar segala sesuatu yang ada di dunia ini. Baik suara yang terdengar dan diucapkan, maupun yang hanya disembunyikan di dalam hati.
  12. Basar, berarti Maha Melihat. Allah swt dapat melihat segala sesuatu di dunia ini baik yang terlihat atau kasat mata karena pandangan dan penglihatan Allah swt tidak terbatas.
  13. Kalam, berarti berfirman. Allah swt dapat berbicara dan berkata secara sempurna tanpa bantuan apa pun.
  14. Qadiran, berarti kuasa. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan kuasa Allah swt.
  15. Muridan, berarti kehendak. Apabila Allah swt telah berkehendak, maka tidak ada yang bisa menolak takdir tersebut.
  16. ‘Aliman, berarti Maha Mengetahui. Allah swt memiliki pengetahuan yang tidak terbatas dan tidak tertandingi, sehingga manusia tidak ada yang dapat menyembunyikan apa pun dari Allah swt.
  17. Hayyan, berarti Maha Hidup. Allah swt tidak pernah tidur, tidak lengah, dan tidak akan pernah mati.
  18. Sami’an, berarti Maha Mendengar. Allah swt Maha Mendengar semua ucapan, doa, dan permintaan kita. Allah swt akan mengabulkan doa hamba-Nya di waktu tepat. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk meminta dan berdoa kepada-Nya karena Allah swt pasti mendengar.
  19. Bashiran, Maha Melihat. Allah swt selalu mengawasi setiap gerak-gerik dan tingkah laku hamba-Nya. Karen tidak ada satu pun yang luput dari pandangan-Nya.
  20. Mutakkaliman, berarti berfirman atau berkata-kata. Al-Qur’an adalah bukti nyata firman serta kata-kata Allah swt yang disampaikan melalui Nabi dan Rasul-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *