Informasi

Do’a Sehari-hari yang perlu diajarkan pada anak-anak

Kumpulan Doa untuk Ibu, Lengkap dengan Artinya

Do’a merupakan wujud permohonan manusia kepada sang pencipta, dalam agama Islam sendiri do’a merupakan hal yang wajib dilakukan, meskipun terkadang tak semua yang kita inginkan dikabulkan. Nah sejak kecil kita tentunya sudah diajarkan berbagai do’a oleh orang tua kita, diantara do’a tersebut ada yang wajib dibaca dan ada pula Sunnah. Mengajarkan do’a sedari kecil memang merupakan hal yang baik, sebab ingatan anak-anak sangatlah kuat dan do’a tersebutlah yang akan memperbaiki moral anak-anak, kita bisa mengajarinya do’a sebelum/sesudah makan, do’a keluar rumah, doa saat hujan dan masih banyak lagi. Nah kali ini kami akan memberikan informasi seputar do’a sehari-hari yang perlu diajarkan pada anak-anak. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Do’a kedua  orang tua

Mendo’akan kedua orang tua adalah hal yang wajib dilakukan dan tentunya mendo’akan orang tua harus diutamakan ketimbang do’a lainnya, untuk itu kita sebagai orang tua harus mengajarkan sedari kecil do’a kedua orang tua sebagai berikut.

Allohummaghfirli waliwaalidayya warhamhumma kama rabbaayanii shagiiraa

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dosaku, dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu aku kecil.”

2.Do’a sebelum tidur

Do’a sebelum tidur juga wajib diajarkan kepada anak kita, agar supaya ia selalu mengingat tuhannya walaupun hendak beristirahat dan do’a sebelum tidur memiliki bacaan yang sangat pendek sehingga mudah dihafal, nah berikut do’a sebelum tidur.

Bismika allahumma ahya wa bismika amut

Artinya :”Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

3.Do’a setelah bangun tidur

Bukan hanya ketika hendak tidur saja kita membaca do’a melainkan ketika bangun tidurpun kita juga membaca do’a, berikut do’a setelah bangun tidur.

Alhamdulillahi al-adhi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihi-nnushur

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

4.Do’a sebelum makan

Allahumma baarik lanaa fimaa rozaqranaa wa qinaa ‘adzaa banner

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

5.Do’a setelah makan

Alhamdulillahilladzi ath-ammanaa wa saqona wa ja’alanaa minal muslimiin

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberik kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

6.Do’a sebelum belajar

Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi sidnii ilmaan warzuqnii fahmaan

Artinya : “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabu Muhammad sebagi Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

7.Do’a masuk kamar mandi

Alloohumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits

Artinya : “Ya Allah, sungguh aku berlindung  kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.”

8.Do’a keluar kamar mandi

Ghufranaka Alhamdulillahil ladzii adzhaba ‘annil adzaanwa’aafaanii

Artinya : “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah mengilangkan kotoranku dan membuatku sehat.”

Nah itulah beberapa do’a sehari-hari yang sering diajarkan pada anak, bagaimana apakah kalian masih ingat dengan do’a-do’a tersebut? Bagaimanapun do’a adalah wujud permohonan bagi kita manusia kepada sang pencipta, dan do’a bisa juga merupakan bentuk syukur kepada-Nya. Maka dari itu kita wajib mengajarkannya kepada anak-anak, agar ia akan mengingatnya hingga dewasa sebab do’a itulah yang menjaga kehidpuannya.

Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *